Di Bungurberes Dipasang Alat Pendeteksi Gempa

4 Feb

Upaya pencegahan dini terjadinya gempa atau tanah longsor, Pemkab Kuningan bekerja sama denga Badan Geologi Bandung (BGB) memasang tiga alat geodetik (GPS) tipe SR 1200. Sebuah alat refensi atau diam dan dua jenis alat bergerak untuk memantau pergerakan tanah.

Diantaranya di Desa Bungurberes Kecamatan Cilebak. Pemasangan alat itu dilakukan tim teknis BGB, Umar dibantu Maryono, dilakukan setiap dua jam sekali di tempat berbeda. Mulai dari daerah hutan, pemukiman penduduk, bukit Tumpang Maya sampai ke titik lainnya, sebanyak delapan titik.

Dikarenakan pada saat pemasangan, gerakan tanah tidak terjadi. Maka tim BGB menginap di desa tersebut, tujuannya guna mengetahui pergerakan tanah. Penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui asal mula kejadian longsoran. Apakah berasal dari pergerakan lempengan bumi atau hal lain.

“Penelitian seperti ini dilakukan setiap dua jam sekali tetapi tidak bisa selesai dalam kurun sehari sehingga supaya proses penelitian dapat berjalan lancar, maka kami akan menginap beberapa hari bersama anggota Satgasos Tagana,” ujar Ketua Tim teknis BGB, Umar.

Sambungnya, “selama belum ada kesimpulan dari hasil penelitian pergerakan tanah tersebut. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat Desa Bungurberes agar tidak merasa panik atau pun resah, melainkan tetap tenang menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya,” himbaunya.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: