Kembali Longsor di Wilayah Kuningan Selatan

31 Jan

Kejadin longsor dalam sepekan terakhir terus berlanjut di wilayah Kabupaten Kuningan. Kali ini, tiga badan jalan mengalami longsor sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Badan jalan tersebut diantaranya menghubungkan Desa Cantilan ke Kecamatan Subang. Dari Desa Bagawat ke Kecamatan Selajambe dan Desa Ciawi ke Selajambe.

Berdasarkan informasi, longsoran di tiga lokasi. Disebabkan guyuran hujan Sabtu kemarin yang cukup lebat. Masih untung kejadian itu jauh dari perkampungan penduduk. Kendati demikian, arus transfortasi ke masing-masing tujuan menjadi terkendala. Sehingga dibutuhkan alat berat untuk penanganannya.

Pada saat kejadian, masyarakat di tempat kejadian mendengar bunyi seperti ledakan cukup keras. Mereka pun sudah menduga di wilayah masing-masing ada yang longsor. Penduduk setempat, merasa sudah biasa dengan longsor sebab setiap tahun kerap terjadi sebab daerah mereka termasuk labil.

Esoknya, masarakat berduyun-duyun membersihkan badan jalan yang terkena longsoran. Namun besarnya tanah longsoran membuat aparat setempat menghubungi Pemkab Kuningan untuk meminta bantuan alat berat. Disebabkan kejadian itu di tiga titik, penanganannya tidak selekasnya.

Atas kejadian itu, Pemkab Kuningan akan meminta bantuan BMG untuk melakukan penelitian di lokasi itu, apakah layak direhabilitasi atau direlokasi sebab jika langsung direbalitasi dan ternyata amblas lagi, maka akan percuma saja.

“Kami sudah melayangkan surat permohonan bantuan penelitian ke BMG dan Insya Allah, dalam waktu dekat akan segera terjun ke lokasi untuk meneliti langsung kondisi tanah di daerah tersebut yang nantinya bakal dijadikan acuan untuk menentukan langkah selanjutnya,” jelas Kabag Kesra, H. Maman Hermansyah.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: