Ratusan Rumah Terendam Banjir

24 Jan

Sungai Cicadas yang melewati Desa/Kecamatan Cimahi, pada hujan tadi malam membuat air meluap. Sehingga sekitar 120 rumah yang terdapat di blok Puhun, Pahing dan Wage desa setempat terendam banjir setinggi 80 centi meter. Selain itu kandang ternak dan ratusan hektar sawah baru tandur dan kebun jagung turut terendam.

Kendati tidak menelan korban jiwa dalam peristiwa itu, namun diperkirakan kerugian yang diderita masyarakat mencapai puluhan juta rupiah. Hal itu, perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemkab Kuningan, melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker). Soalnya, kebutuhan air bersih di daerah tersebut sangat dibutuhkan karena air sumur tercemar banjir.

Berdasarkan informasi di lapangan, musibah banjir itu dikarenakan hujan lebat. Sehingga sungai Cicadas yang ukurannya kecil tidak mampu menampung air kiriman dalam volume cukup banyak. Apalagi ketika air tersebut melewati bangunan jembatan Cicadas  yang terlalu kecil dengan ketinggian 1,5 meter.

Air pun meluap dan ke luar badan sungai dan merendam perumahan warga yang berada di sebelah timur jembatan Cicadas yang menghubungkan antara Desa Cimahi dengan Desa Gunungsari Kecamatan Cimahi. Warga pun menjadi panik dan berusaha menyelamatkan harta benda dan keluarganya masing-masing.

Kejadian itu berlangsung cepat, namun tidak terlalu mencemaskan. Selang beberapa jam air pun kembali surut hanya menyisakan tumupakan lumpur dan sampah di rumah warga. Jika dibiarkan, diprediksi dapat menimbulkan wabah penyakit bagi penduduk setempat. Terutama bagi kaum anak-anak.

“Kami mengharapkan bantuan Pemkab untuk menangani kebutuhan air bersih untuk penduduk. Sebab air sumur ikut tercemar, jika dibiarkan maka bisa menimbulkan wabah penyakit,” ungkap H. Udin, Kepala Desa Cimahi.

Selain itu, kata H. Udin, pihaknya meminta supaya Pemkab memerbaiki jembatan Cicadas yang tidak memenuhi persyaratan. Tujuannya, supaya ketika banjir melanda desanya, air tidak langsung meluap. Sebab selama ini air meluap karena jembatan tidak bisa menampung air dalam jumlah banyak.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: