Korbankan Siswa, Guru Ikuti Upacara HUT PGRI

25 Nov

Seremonial HUT PGRI ke-64 dan Hari Guru ke-16, yang dipusatkan halaman Pandapa Paramartha kompleks stadion Mas’ud Wisnu Saputera dihadiri ribuan guru dari berbagai sekolah di Kabupaten Kuningan. Pengerahan massa itu mendapatkan tanggapan negatif dari elemen masyarakat. Soalnya telah mengorbankan peserta didik.
Berdasarkan pantauan di lapangan, banyak seolah diliburkan dengan alasan guru-gurunya akan mengikuti upacara HUT PGRI dan Hari Guru. Hal ini patut disayangkan karena pendidikan menjadi tidak priortas. Justru show of force menjadi hal penting guna menunjukan soliditas dan massa melimpah untuk dijadikan alat bargaining.
“Guru-guru digiring untuk mengikuti upacara akbar yang diselenggarakan oleh PGRI sehingga tidak sedikit sekolah yang mengambil kebijakan untuk diliburkan saja, sedangkan yang tetap sekolah, justru tidak efektif karena belum saatnya siswa pulang sekolah, malah sudah dibubarkan,” ucap Boy Kartanegara salah seorang aktifis local.
Lanjutnya, bagaimana pendidikan akan tercapai apabila mind set guru dan PGRI tidak berubah dengan mementingkan seremonial upacara. “Kendati itu dilakukan sehari dan dapat kembali melaksanakan tugasnya. Namun kenyataan di lapangan setelah upacara para guru langsung pulang ke rumah masing-masing atau berbelanja ke pasar,” sinisnya.
Selama ini, masih kata Boy, organisasi PGRI hanya dijadikan kendaraan untuk mencapai posisi strategis di Dinas Pendidikan. Padahal organisasi profesi, semestinya PGRI lebih mengedepankan hasil kerja untuk menjaga eksistensinya, bukan dengan cara-cara yang mengesankan pengerahan massa, yang pada akhirnya banyak menimbulkan kesusahan bagi pihak lainnya,” tandasnya.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: