Masyarakat Perlu Waspadai Penyakit Rabies

2 Nov

Data Dinas Pertanian Peternakan Perikanan Kab. Kuningan, ada 4.000 ekor anjing dan 1.000 ekor di antaranya merupakan anjing peliharaan penduduk. Banyaknya jumlah anjing liar, diperkirakan dapat terjangkit penyakit rabies. Sehingga keberadaannya perlu diwaspadai.

“Kami bersyukur karena sejak puluhan tahun lalu, Kuningan bebas dari rabies tetapi  hal itu tidak membuat kami  menjadi lengah gunamengantisipasi munculnya penyakit rabies yang ditularkan oleh anjing,” ujar Tatang Rustandi, Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Kuningan.

Wilayah Kabupaten Kuningan berbatasan dengan Kabupaten Cirebon, Majalengka, Ciamis dan Kab. Brebes Jawa Tengah, Tatang menilai dengan kondisi seperti itu sangat rawan keluar masuknya anjing liar. Sedangkan persediaan vaksinnya sangat terbatas, begitu pula racun untuk mengeliminasi.

“Kendati demikian, kami juga tengah melakukan vaksinasi terhadap beberapa anjing sebagai antisifasi penularan penyakit rabies, namun jumlahnya masih sangat terbatas karena terbentur ketersediaan anggaran,” ungkapnya.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: