Minyak Atsiri Kuningan Terbaik Ketiga di Dunia

28 Okt

nilam (1)

PENYULINGAN MINYAK NILAM YANG TERDAPAT DI DESA SUMUR CIWIRU KEC. CIBEUREUM

PPSebanyak 3.000 petani di Kabupaten Kuningan mengelola lahan yang dimiliki KPH Perhutani Kuningan seluas 802 ha. Lahan itu dikembangkan untuk komoditi atsiri diantaranya nilam, sereh wangi, cengkeh, pala dan kenanga. Komoditi tersebut diproduksi sebanyak 126.384 kg pertahun. Jumlah sebanyak itu berasal dari 39 penyulingan.

Potensi produksi minyak atsiri yang dianggap menjanjikan mengundang pengusaha lokal, regional, nasional dan internasional tertarik untuk mengunjungi Kabupaten Kuningan. Diantaranya dari Perancis, India, dan Banghlades mereka mengadakan fieldtrip seminar internasional minyak atsiri di Hotel Grage Sangkan Kecamatan Cigandamekar serta meninjau penyulingan di Cihaur.

Sekjen Dewan Atsiri Indonesia (DAI), Meika Rusli, menyebutkan, progress Kabupaten Kuningan dapat dijadikan  bahan  untuk memberikan keyakinan pada para pengusaha minyak atsiri  guna melakukan kerja sama atau join di cultiva. Sedangkan sistem baru yang akan diperkenalkan dengan cara  mengganti sistem rantai nilai produksi melalui prinsip kebersamaan dan pemasaran yang lebih merata.

“Apalagi minyak atsiri sebagai bahan baku parfum  berasal dari Kabupaten Kuningan merupakan terbaik ke tiga di dunia. di Indonesia sendiri terbaik ke dua setelah minyak atsiri dari Sumatera,” ungkapnya***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: