Membangun Ruko dari Pinjaman, Malah Dibongkar

26 Okt

menangisKesedihan korban pembongkaran paksa bangunan tidak memiliki IMB terus berlanjut. Soalnya mereka tidak saja harus menanggung beban utang untuk mendirikan bangunan, juga merasakan tidak nyaman lagi tinggal di perkotaan Kabupaten Kuningan. Mereka mengganggap Pemkab telah berbuat tindakan sewenang-wenang terhadap rakyat kecil.

Seperti diungkapkan Titin (49), istri dari Mohammad Amin (55) yang bangunan rumah toko (warung) kena pembongkaran. Ia merasa trauma dan berkehendak pulang kampung karena tidak merasakan kebebasan dalam melakukan usaha untuk menopang ekonomi keluarga. Padahal uang pembangunan warungnya yang menelan biaya Rp 60 juta rupiah itu berasal dari pinjaman.

Titin pun menuturkan bahwa tindakan yang dilakukan Pemkab Kuningan melalui Sat Pol PP tidak memiliki perasaan dan rasa kemanusiaan terhadap rakyat kecil. Pemkab tidak melihat dan memikirkan berasal dari mana uang itu? Uang yang digunakan untuk membangun dua ruko itu didapat dari pensiunan suaminya, Mohammad Amin dan pinjaman dari orang lain.

Semestinya, anggota Sat Pol PP tidak melakukan pembongkaran paksa terhadap dua bangunan ruko yang telah berdiri kokoh tetapi memberitahukan larangan membangun ketika bangunan masih tahapan pondasi supaya tidak menghabiskan uang banyak. Akibatnya, ia berserta keluarga menjadi kelimpungan menatap masa depannya, paska pembongkaran.

“Saya berencana, kalau satu unit bangunan ruko akan digunakan untuk belajar berjualan sendiri sedangkan yang satunya lagi, akan disewakan. Sehingga mampu menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun harapan itu harus kandas di tengah jalan,” ucapnya diiringi isak tangis.

“Entah, saya juga bingung harus bagaimana lagi karena sisa modal uang yang tadinya akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji tetapi tidak jadi sebab dialokasikan guna membangun dua ruko, telah habis akibat rukonya malah dibongkar Sat Pol PP,” sambungnya.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: