Kakaren Lebaran, Keracunan Makanan

25 Sep

Puluhan warga Dusun VII RT 29 RW 07 Desa Cengal Kecamtan Japara diduga keracunan makanan hasil pemberian seorang dari warga Dusun IV RT 17 RW 04 masih desa setempat yang sebelumnya telah menggelar acara lamaran.

Berdasarkan informasi di lapangan, keluarga Idris memberikan berbagai jenis makanan ke keluarga Mahrudin. Pemberian makanan itu karena Idris tengah bahagia anaknya dilamar. Mahrudin, membagikan lagi ke sanak keluarganya namun tidak lekas di makan ditangguhkan sampai beberapa jam, baru disantap.

Kemudian, seorang saudaranya, Usman (49) mengalami gelaja dugaan keracunan tetapi selang sehari, korban terus berjatuhan. Sehingga korban segera dilarikan ke rumah sakit guna mendapat pertolongan. Mereka dirawat selama beberapa hari.

Keempat puluh delapan warga yang dilarikan ke rumah sakit menggunakan kendaraan atas inisitaif kepala desa setempat. Enam orang dirawat jalan dan 42 orang lainnya dirawat di rumah sakit. 15 orang di rumah sakit Wijaya Kusumah, 17 orang di Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD)’45 dan 6 orang di rumah sakit El-Sifa.

Sedangkan pembiyaannya ditanggung jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) Dinas Kesehatan sekira Rp 22 juta. “Peristiwa ini termasuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga untuk pembiyaan di tiga  rumah sakit tersebut ditanggung oleh Dinas Kesehatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, H. Kadaryanto.

Sedangkan kepastian, apakah para warga tersebut keracunan makanan atau karena hal lainnya, kata Kadaryanto, pihaknya masih belum bisa memastikannya. Sebab sample makanan yang akan diteliti ternyata sudah busuk sehingga percuma saja. Namun dugaan sementara, diduga keracunan makanan.

“Mereka mengalami gejala perut panas, pusing, muntah dan berak, yakni sesudah menyantap goreng ayam. Untuk memastikan kebenaran tersebut, kami pun akan segera menerjunkan lagi tim guna mengorek informasi dari seluruh korban yang sebelum diduga keracunan,” tegasnya.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: