Rencana Pembongkaran Bangunan tak ber-IMB Menuai Protes

26 Agu

Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan akan membongkar bangunan tidak memiliki ijin mendirikan bangunan (IMB), baik pertokoan, rumah, kandang ayam, kandang babi mendapatkan reaksi beragam dari elemen masyarakat. Soalnya yang diharapkan menata terlebih dahulu pemerintah, bukan kepentingan masyarakat secara umum.

Rencana itu disampaikan Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda sesuai rapat di Bappeda. “Pokoknya, bangunan apa pun dan milik siapa saja yang tidak ber-IMB akan dibongkar paksa apabila pemiliknya ngeyel,” tegasnya.

Lanjut Aang, pihaknya sudah melakukan inventarisasi terhadap bangunan yang tidak ber-IMB. Dimulai dari wilayah perkotaan dan merambah sampai pedesaan. Ia pun merasa perihatin atas lokasi objek wisata di Linggarjati Kecamatan Cilimus berdiri bangunan yang tidak memiliki IMB dan dilakukan seenaknya. Sehingga meninggalkan kesan kumuh dan tidak teratur.

Di tempat terpisah, Sandi Kartanegara, salah seorang aktifis mengungkapkan ketidaksetujuannya. “Seharusnya Pemkab melakukan pentaan secara intern terlebih dahulu. Bukan sebaliknya mengobok-ngobok kepentingan masyarakat. Bagaimana pun mereka rakyat Kuningan yang harus diayomi dan tidak diperlakukan seenaknya oleh pemimpinnya,” ketusnya.

Jika pemerintah sudah benar dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakatnya. Mungkin tidak perlu seorang pemimpin mengatakan hal itu. Sebab tidak pantas dan menyakiti hati masyarakat. Seharusnya Bupati Kuningan lebih mamahami kondisi kebatinan rakyatnya, bukan sebaliknya.

“Mereka mendirikan warung di pinggir jalan atau di tempat strategis lainnya karena mereka tidak mampu menyediakan lapangan pekerjaan,” tegasnya.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: