JKMPP Tajur Buntu Kembali Panen Lele

24 Jul

Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan (JKMPP) Desa Tajur Buntu Kecamatan Pancalang melaksanakan panen lele. Organisasi yang bergerak di bidang perikanan, sementara dikhususnya ke ternak ikan lele sudah dibangun sejak tahun 2007. Saat itu yang menggagas yakni H Jajat Sudrajat, Kadis Nakertansos.

“WD” pun pernah menyaksikan panen pertama kali itu. Sejak didirikan sampai sekarang terus berjalan, sehingga hasilnya dapat memberikan manfaat. Baik untuk kelompok peternak maupun lingkungan. Soalnya mereka, selain melakukan peternakan untuk dijual, juga membantu memelihara ikan disungai.

Sumadi Ketua JKMPP, menjelaskan selain dikonsumsi, lele tersebut diternakan kembali disungai-sungai. Tujuannya untuk memelihara keseimbangan habitat sungai. Selama ini sungai dijadikan alat untuk mengeruk hasilnya baik dengan cara di portas, setrum maupun dipancing. Sementara habitatnya tidak pernah dijaga.

Hampir dua tahun setengah mereka melakukan tindakan nyata itu. Hasilnya, populasi ikan di sungai di desa setempat dapat terjaga. Selain itu, mereka pun membuat perangkat aturan mengenai boleh tidaknya ikan diambil. Aturan itu disosialisasikan ke masyarakat dan mendapat sambutan positif.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: