DPRD akan Panggil Baperjakat dan BKD

13 Jun

Dampak Tim Sukses Bupati  Kuningan Diberikan Jabatan

Terkait mutasi yang dilakukan Pemkab Kuningan, seperti yang ditulis “WD”, Selasa (9/6), mengelinding umpama bola salju. Soalnya, mutasi itu sarat nepotisme. Sementara aturan kepegawaian kerap dilanggar oleh Baperjakat maupun BKD. Hal itu menunjukan bahwa mutasi merupakan “ladang” mengeruk keuntungan juga menempatkan orang-orang terdekat.

Istilah Sunda menyebutkan, deukeut, dulur jeung duit (3D). Artinya kalau tidak dekat (deukeut) maka jangan diharapkan akan memeroleh jabatan. Selain faktor itu adalah dulur atau saudara terhadap pengambil kebijakan, katakanlah kepala dinas, sekretaris daerah (sekda), wakil bupati atau bahkan bupati. Andaikan dua faktor itu belum mampu juga memeroleh jabatan.

Jalan terakhir adalah menyerahkan sejumlah uang kepada pihak-pihak yang memiliki peran pengambil keputusan. Pepatah ini memang sama dengan bangsa Cina “tembok sekuat apa pun dapat hancur dengan emas”. Artinya seidealis manusia, tidak akan pernah mampu menolak menerima pemberian. Pemberian itu, bisa berupa barang atau uang kendati tidak dipinta sekalipun.

Guna menyingkap tabir itu, Ketua DPRD Kuningan, H Yudi Budyana menanggapi secara serius bahwa pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada Baperjakat dan BKD untuk diminta keterangan seputar mutasi. “Apakah terjadi penyalahgunaan terhadap pelaturan atau tidak?” ungkapnya.

“Pemanggilan itu, bukan bersifat intervensi terhadap penentu kebijakan. Namun kami hanya ingin meminta penjelasan. Mungkin pemanggilannya hari Rabu mendatang dan hal itu dilakukan oleh Komisi A DPRD Kuningan,” tegasnya.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: