UN SMA/K Serentak Guru dan Pengawas Jangan Coba-coba “Main Mata”

20 Apr

Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA dan MA di Kab Kuningan dilaksanakan serentak hari ini. Namun ada kekhawatiran adanya main mata antara pengawas dan guru sekolah untuk memberikan jawaban. Agar siswa memeroleh nilai sesuai batas minimal kelulusan 5,50. Kekhawatiran ini berkaitan dengan citra pendidikan di Kab Kuningan yang dianggap telah baik.

Diharapkan praktik seperti itu tidak dilakukan sebab tidak mendidik siswa. Padahal diketahui, siswa di Kab Kuningan banyak pandai. Jika pun ada yang tidak lulus, masih ada kesempatan untuk mengulang. Selain itu Dinas Pendidikan menyediakan program paket C. Tujuannya bagi siswa yang tidak mengulang tahun depan diberikan kesempatan menempuh ujian setara SMA/K.

Phien Tedi Sudharna, anggota DPRD dari Fraksi PDIP mengungkapkan. Guru sekolah dan pengawas UN tidak boleh melakukan “main mata” untuk memberikan jawaban kepada siswa. Sebab hal itu tidak mendidik, juga telah melanggar peraturan yang ada. Jika ada yang melakukan tindakan itu harus ditindak sesuai hukum.

“Pelaksanaan UN pasti kondusif, aman dan terkendali. Namun saya berharap kondisi baik itu jangan dikotori oleh oknum-oknum yang hanya mementingkan prestise dan gengsi sekolah masing-masing. Cara yang terjadi di daerah lain di tahun-tahun lalu polanya seperti itu. Guru dan pengawas melakukan kerja sama dengan memberikan jawaban,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) H Dadang Supardan melakukan pemantauan pelaksanaan UN. Kendati demikian, ia tidak dapat masuk ke ruang kelas kerena dilarang oleh petugas UN. Tujuannya menjaga ketertiban dan konsentrasi siswa yang tengah ujian.

“Saya menghargai keputusan panitia ujian agar tidak menganggu konsentrasi siswa dalam menempuh UN. Saya tidak keberatan, tidak masuk pun dan saya percaya siswa di Kab Kuningan pandai-pandai. Tapi jika pun demikian jangan terlalu memaksakan diri. Sebab tidak lulus pun kami sudah menyediakan paket C untuk ujian mereka dan setara dengan SMA/K,” ucap bupati.***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: