RS Sekar Kamulyan Cigugur Tidak Steril DBD

14 Apr

Penyebaran Demam berdarah dengue (DBD) tidak mendapat perhatian serius dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Kuningan. Padahal DBD telah merenggut beberapa nyawa, namun upaya pencegahannya tidak ditangani. Sehingga setiap hari rumah sakit kedatangan penderita DBD, baik di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta. Ketidaktanggapan Dinkses disayangkan pelbagai pihak.

Lebih ironis lagi, ada masyarakat terjangkit DBD di rumah sakit swasta. Tepatnya di rumah sakit Sekar Kamulyan Kec Cigugur. Selama ini, rumah sakit dianggap steril dari penyakit karena mendapatkan perhatian serius. Baik dari kebersihan maupun penyebarannya. Sebab si pasien telah mendapat penanganan dokter sehingga tidak menular ke pengunjung.

Mia (31) warga Desa Cilowa Kec Kramatmulya salah seorang korban DBD menuturkan. Kata ia, dirinya tengah menunggui bapaknya yang tengah sakit keras. Namun malang baginya, selain bapaknya meninggal dunia di rumah sakit tersebut juga dianya sendiri masuk rumah sakit karena terserang DBD. Ima ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga pula.

“Saya pikir rumah sakit Sekar Kamulyan steril dari DBD. Ternyata dugaan itu salah, sebab saya sendiri terjangkit di sini. Namun pihak rumah sakit seolah-olah mengelak dari tanggung jawab. Seharusnya mereka bertanggung jawab terhadap saya, seperti pengobatan sampai sembuh. Bukan sebaliknya tetap dikenakan biaya perawatan,” keluhnya.

Apalagi, kata Ima, bapaknya meninggal dan tidak tertolong medis. Memang diakuinya bahwa orang tuanya sudah usia lanjut. Namun dibawa ke rumah sakit untuk ditangani serius dan memeroleh jaminan penyembuhan. Ternyata jauh dari harapan, orang tuanya meninggal dan dianya sendiri masuk rumah sakit. “Saya betul-betul kecewa atas tindakan medis di rumah sakit ini,” ketusnya.

Kekecewaan Ima, tidak saya terhadap rumah sakit yang sekarang tengah merawatnya. Juga terhadap perhatian Dinkes Kab Kuningan. “Seharusnya Dinkes melakukan tindakan terhadap rumah sakit Sekar Kamulyan. Sebab mereka tidak menjaga kebersihan dan steril dari nyamuk anopeles. Kan lucu, seorang pengunjung rumah sakit terjangkit penyakit,” ucapnya sambil senyum kecut.***

Satu Tanggapan to “RS Sekar Kamulyan Cigugur Tidak Steril DBD”

  1. Aink Juni 15, 2011 pada 4:58 am #

    DAKH, MANGKARA TEUIK DEUH????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: