Caleg Incumben Manfaatkan Mobdin Untuk Kampanye

18 Feb

Anggota DPRD Kab Kuningan yang menyalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) dalam Pemilu 2009. Serta memeroleh fasilias kendaraan dari pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Diharapkan dalam melakukan kampanyenya tidak menggunakan kendaraan dinas.

Sebab ditengarai anggota dewan yang mendapatkan fasilitas mobil dinas (Mobdin) mulai merubah plat nomornya dari warna merah ke warna hitam. Perubahan itu telah menyalahi peraturan pemerintah (PP) nomor 6/2006 mengenai pengelolaan barang milik negara atau daerah.

Penggantian plat nomor merupakan pengalihan kendaraan dari milik negara menjadi milik perorangan. Baik melalui pelelangan, penjualan atau hibah. Sementara kendaraan yang digunakan oleh anggota dewan, statusnya masih milik negara atau daerah bukan sudah berpindah tangan.

Boy Kartanegara, Ketua Forum ’45 Kab Kuningan mengungkapkan. Kendaraan dinas yang digunakan oleh beberapa anggota dewan sudah diganti plat nomornya, dari warna merah menjadi hitam. Perubahan itu ditengarai digunakan untuk kampanye dirinya karena menjadi peserta pemilu legislatif (Pileg).

“Caleg incumben, telah melanggar PP nomor 6/2006 mengenai pengelolaan barang milik negara atau daerah. Maksudnya, mereka telah merubah fungsi dari kendaraan dinas menjadi seolah-olah milik pribadi. Padahal kendaraan dinas itu belum dijual atau dilelang di pelelangan negara,” ungkapnya.

Lanjutnya, “caleg incumben seharusnya jangan menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadinya. Ya kan menjadi caleg itu kepentingan pribadi bukan kedinasan. Apalagi untuk melakukan kampanye. Perlu jaga etika lah supaya masyarakat tidak merasa dikadalin,” ucapnya sinis.

Sambungnya, “saya temui ada beberapa kendaraan dinas yang dirubah plat nomornya saat kampanye di daerah pemilihan (Dapil) 3, 2, 1, 4 dan 5 Kab Kuningan. Kendaraannya jenis terano nomor polisi (nopol) E 4 Y dianti jadi E 1704 NR. Sementara mobil dinas jenis kijang yang digunakan kampanye yakni Mobdin Nopol E 184 Y, E 185 Y, E 186 Y, E 166 Y, E 164 Y E 190 Y, E 191 Y,  E 736 Y, E 364 Y,” terangnya.

Phien Tedi Sudharna, anggota DPRD dari Fraksi PDIP saat diminta komentarnya mengenai perubahan plat nomor mobil dinas anggota DPRD. Kata ia, dirinya merasa kecewa dengan perilaku anggota dewan yang memanfaatkan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye.

“Jika untuk kepentingan kampanye pribadi saya kecewa. Sebab mobil dinas itu untuk memermudah mobilitas mereka dalam melakukan kerja. Bukan untuk kepentingan pribadi apalagi dipergunakan kampanye. Ya kampanye harus memakai fasilitas pribadi, dong,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: