Bupati Terpilih Harus Serius Perhatikan Rakyat

20 Okt

Paska ditetapkannya pasangan H. Aang Hamid Suganda-H. Momon Rochmana oleh KPU Kabupaten Kuningan sebagai pemenang pilkada. Beberapa elemen masyarakat mengharapkan kepemimpinan masa bhakti 2008-2013 lebih memerhatikan kebutuhan dasar rakyat. Seperti kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi (daya beli), sesuai janji kampanye.

Namun demikian, Didin Syafarudin, Ketua LSM Komite Peduli Jawa Barat (KPJB) Kab. Kuningan mengharapkan. Bupati dan wakil bupati terpilih harus mampu menyediakan lapangan pekerjaan. Sebab, selama ini Kab. Kuningan tidak memerhatikan sektor ini. Padahal penduduk usia produktif, membutuhkan lapangan pekerjaan.

“Jika tidak menyediakan lapangan pekerjaan, tentunya penduduk usia produktif di Kabupaten Kuningan tetap melakukan urban ke kota-kota besar. Semua orang tahu, bahwa di kota-kota besar sudah melakukan tindakan diskriminatif terhadap pendatang. Salah satu contohnya, Pemrov DKI melakukan operasi yustisi. Artinya pula, masyarakat Kuningan harus tetap dilindungi kendati ada di luar Kab. Kuningan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Didin mengutarakan, selain meningkatkan pembangunan sarana prasarana juga memerhatikan masyarakatnya. “Secara logika saja, mereka kan dipilih oleh rakyat dengan suaranya. Mbokya, kebutuhan mereka juga diperhatikan. Hal ini di luar kontek infrastruktur. Contoh kecilnya, para pedagang di pasar tradisional yang sekarang mulai tergurus waralaba seharusnya mendapat proteksi,” ujarnya.

Begitu pun para petani, sambungnya, petani di Kabupaten Kuningan bukan pemilik lahan. Tapi hanya buruh tani. Di sinilah persoalannya, bagaimana buruh tani juga memeroleh kesejahteraan. Bukan saja si pemilik lahan baik melalui subsidi pupuk, keringanan bibit dan lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: