Pemberdayaan Pembangunan Desa

16 Nov

Kepala Desa Cimara Kecamatan Cibeureum, H. Santoso mengungkapkan. Kendati baru beberapa bulan diangkat sebagai Kades. Namun program kerja yang tengah disusun akan segera diimplementasikan. Ia telah merancang pembangunan jangka pendek, menengan dan jangka panjang. Harapannya perencanaan itu dapat berjalan sesuai janji sewaktu Pilkades yang disampaikan kepada masyarakat.

Progam jangka pendeknya yaitu merenovasi balai desa yang sudah dianggap tidak layak lagi sebagai gedung pemerintahan. Adanya rahab ini diharapkan aparat desa lebih berwibawa dan nyaman dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehingga hasilnya lebih optimal. Hal ini dimungkin apabila seluruh pendukung sarana dan prasarananya tertata secara baik.

Jangka menengah yaitu melakukan rehab SD Purwasari, jalan lingkungan dan perbaikan irigasi. Ketiga program ini snagat mendukung terciptanya indek pembangunan mutu (IPM) desa yang lebih baik. Seperti pendidikan, tentunya sesaui dengan program pemerintah yakni wajib belajar sembilan tahun. Perehaban ini akan dikonsultasikan ke pihak terkait supaya dalam waktu dekat dapat terealisasi.

Begitu pun pembangunan jalan lingkungan dan irigasi. Ia akan mengoordinasikan dengan pihak Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya serta Sumber Daya Alam dan Pengairan (SDAP) Kabupaten Kuningan dalam pelaksanaannya. Adanya pembangunan jalan lingkungan, kesehatan masyarakat dan arus transfortasi lebih lancar sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sedangkan irigasi, merupakan faktor penentu dalam peningkatan hasil pertanian. Sebab masyarakat di desanya mayoritas sebagai petani. Sehingga irigasi harus segera dibenahi, karena sesuai kebutuhan masyarakat. Jika sudah dibangun, maka produktifitas sawah dalam menghasilkan padi akan meningkat. Karena ketersediaan air. Jika sebelumnya kurang tersedia maka di kemudian hari air melimpah.

Program jangka panjang yaitu melaksanakan rehab masjid desa. Hal ini sangat penting sebab pembinaan masyarakat dari aspek keagamaan. Masyarakat harus ditingkatkan rasa keimanan dan ketakwaannya supaya dalam menjalankan sistim kemasyarakatannya lebih baik dari sebelumnya.*** 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: