Pengerjaan Jalan Hotmix Dua Termin Beresiko Rusak

8 Sep

Oleh : ENDANG KURNIA

Kepala Desa Randusari Kecamatan Cibeureum, Tata Rasta mengatakan dalam memimpin lembaganya, ia mengacu pada sifat kebersamaan dan gotong royong. Juga rasa kebersamaan dan rasa memiliki serta ditunjang rasa tanggung jawab. Sikap seperti ini dalam implementasinya agak sulit tanpa ada dukungan dari pelbagai elemen masyarakat di desanya.

“Seperti pekerjaan rumah yang sampai saat ini belum selesai diantaranya pengerjaan jalan hotmix di lingkungan desa. Penghotmikan jalan sepanjang 2.500 meter dan lebar 2,5 meter baru diselesaikan sepanjang 524 meter. Hal ini dibutuhkan sikap tanggung jawab baik dari aparat desa, masyarakat dan Pemkab Kuningan dalam penyelesaiannya. Tanpa ada itikad seperti itu akan tetap menggantung,” ungkapnya.

Pekerjaan yang belum selesai, sambung Tata Rasta, akan berdampak. Dampak yang pertama jika jalan yang sudah selesai akan rusak kembali karena tergerus air hujan dan beban kendaraan. Dampak kedua timbulnya biaya pemeliharaan yang cukup besar supaya tidak lekas rusak. Hal ini perlu mendapat perhatian serius dari Pemkab Kuningan.

Tanpa adanya perhatian serius jalan yang sudah dihotmik sebelum seluruhnya selesai akan rusak kembali. Memang diakui dirinya, kendala terberat adalah pengerjaan yang sepotong-sepotong atau dilakukan dua kali termin. Jika saja hotmik yang sudah selesai dikerjakan, tidak ada pemeliharaan akan rusak kembali. Sedangkan sebagian lagi masih baru. Bukan kah akan menghasilkan pekerjaan kurang optimal?

Pada musim penghujan seperti ini. Jalan yang belum dihotmik kondisinya sangat memerihatinkan. Kendati kondisi demikian, kendaraan yang ke luar masuk tidak dapat dihentikan. Sehingga akan berdampak terhadap jalan yang sudah selesai. Apa aspalnya mengelupas atau tergerus air. Ia mengharapkan dalam waktu dekat, sisa jalan yang belum dihotmix dapat direalisasikan dalam waktu dekat.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: