Al Hidayah Lakukan Pembinaan Masyarakat

31 Agu

al-hidayah.jpgOleh : DIDIN SYAFARUDIN

Organisasi keagamaan Al Hidayah, merupakan organisasi underbown Partai Golkar kiprahnya selama ini belum diketahui masyarakat Kabupaten Kuningan secara luas. Namanya jarang disebut-sebut, berbeda seperti organisasi keagamaan lainnya diantaranya GP Ansor, BKPRMI maupun Muhamadyah. Padahal Al Hidayah kiprahnya telah memberikan konstribusi positif terhadap pertumbuhan spiritual keagamaan di Kabupaten Kuningan.

Larasati Wiluyo, pemimpin Al Hidayah, merupakan sosok pekerja keras. Organisasinya diberdayakan dengan menyelenggarakan pengajian di seantero wilayah Kuningan, seminggu sekali. Pengajiannya tidak berada satu tempat saja, tapi dikerjakan secara berkeliling. Dari satu desa ke desa lainnya. Hal ini membuat organisasi Al Hidayah secara akar rumput sangat kuat.

Pengembangan AL Hidayah, tidak saja melalui da’wah keagamaan tapi terus kiprahnya melebar. Tapi tidak lepas dari sisi spiritualnya. Al Hidayah, di bawah komando Larasati Wiluyo mengembangkan sayap di bidang sosial kemasyarakatan. Tujuannya melakukan pemberdayaan. Diantaranya menyelenggarakan pembinaan Pos Yandu, Fungsional Keaksaraan.

Pembinaan Pos Yandu, salah satu alasan yang dikemukakan Larasati Wiluyo bahwa “Banyaknya masyarakat Kabupaten Kuningan yang perlu mendapat perhatian serius. Terutama bagi anak-anak di bawah lima tahun (Balita) sebab Balita merupakan generasi penerus yang nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) lebih baik dari sekarang,” ungkapnya.

Jika generasi penerus, sambung Larasati, tidak dibina sejak dini. Mulai dari perbaikan gizi, tambahan suplemen dan mendorong peningkatan ekonomi keluarganya. Tentunya out pun yang dihasilkan akan baik. Jika tidak ada pembinaan maka out putnya pun tidak akan menghasilkan yang baik. Di sadarinya, perekonomian masyarakat sekarang tengah terhimpit.

Sehingga masyarakat dalam skala kecil belum mampu menyediakan sandang yang memiliki nilai gizi sesuai harapan. Supaya keberlangsungan generasi terus berkesinambungan maka pihaknya berkreasi dengan melakukan pembinaan terhadap Pos Yandu yang ada di desa-desa. Paska, pembinaan hasilnya gizi buruk yang ditemukan di masyarakat dapat diminimalisir.

Selain itu, Al Hidayah juga melakukan pembinaan terhadap anak-anak usia sekolah dengan program Fungsional Keaksaraan (FK). Pusat pembinaan FK, untuk sementara di pusatkan di Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan. Larasati dalam kegiatan itu sebagai Tutor.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: