Petani Desa Pancalang Dambakan Jalan

22 Agu

Petani Desa Pancalang Dambakan Jalan

Oleh : CECEP MULYANA

Pejabat sementara (Pjs) Desa Pancalang Kecamatan Pancalang, Nana Sumana, mengatakan. Pihaknya mendambakan pembangunan jalan poros desa sepanjang 850 meter yang menghubungkan Desa Pancalang ke Randobawagirang. Jalan poros desa ini lebih menitik beratkan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di bidang pertanian. Sehingga keberadaannya sangat diharapkan terealisasikan.

Jalan yang hendak dibangun, merupakan jalan yang melintasi area pesawahan, bukan di sekitar pemukiman. Alasan pembangunan jalan tersebut, niley ekonomisnya lebih tinggi. Selama ini masyarakat mengangkut hasil-hasil bumi dengan cara dipikul sehingga membutuhkan waktu lama dan tenaga berlebih.

Kondisi ini kurang efektif dalam peningkatan ekonomi. Maka dipandang perlu ada terobosan baru dengan membangun jalan. Tujuannya pengangkutan hasil bumi dari sawah akan lebih mudah dengan menggunakan roda dua atau empat. Pengangkutan hasil bumi dengan kendaraan tidak terlalu memakan waktu. Cukup sekali atau dua kali angkut. Hal ini meringankan beban petani.

Selama ini parapetani di Desa Pancalang merasa sulit saat mengangkut hasil pertanian, karena kondisi jalan yang boleh dikatakan kurang memadai. Dirinya pun mengakui kelemahan desa untuk melakukan pembangunan secara swadaya namun bukan berarti mengabaikan. Perangkat desa tengah memikirkan untuk membangun jalan baru yang melintasi sekitar lahan persawahan.

Apalagi lahan yang akan dijadikan jalan itu telah dipatok. Sebab parapemilik lahan sudah ada kesepakatan untuk dibangunkan jalan. Namun yang menjadi persolan, kami belum bisa memastikan karena anggaran untuk membangun jalan itu cukup besar. Nana Sumana mengharapkan bantuan Pemkab Kuningan. Sebagai desa yang ada di pusat kecamatan, desa Pancalang punya harapan untuk lebih majau dan berkembang. Apalagi, desa ini merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Cirebon.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: