Pilkada di Kuningan “Adu Bagong”

4 Agu
H. ARIFIN SETIAMIHARDJA

H. ARIFIN SETIAMIHARDJA

H. Arifin Setiamihardja, urung mendaftarkan diri sebagai calon bupati Kab. Kuningan periode 2008-2013 yang berpasangan dengan H. Edi Nurinda. Pasalnya pasangan itu tidak menyerahkan formulir yang diambil beberapa waktu lalu oleh PBR sebagai partai pengusung. Padahal mereka dipaketkan melalui partai PKB, PBB dan partai non parlemen.

“Kami tidak mendaftar sebagai calon bupati karena beberapa alasan. Diantaranya surat dukungan yang dikeluarkan PBB ganda dan beda tema. PBB, menyerahkan dukungan yang ditandatangani ketua dan sekretarisnya kepada pasangan H. Aang Hamid Suganda dan H. Momon Rochmana. Sedangkan surat lainnya mengusung pasangan H. Arifin Setiamihardja dan H. Edi Nurinda,” ungkap H. Arifin di rumahnya.

Pertimbangan lainnya, sambung H. Arifin, tim sukses yang diwakili Dedi Wangsa kurang menyetujui pasangan dirinya maju dalam pilkada. Hal itu dilakukankan saat konsultasi dengan KPU kemarin malam pukul 11.20 wib atau menjelang detik-detik terakhir langsung mengambil berkas pendaftaran dan dibawa pulang. Alasan Dedi Wangsa, karena takut menahan malu jika KPU mendiskualifikasi karena kurangnya sarat dukungan yang ditentukan yakni 15 persen.

“Kami sebenarnya dalam posisi kuat. Jika melihat rekomendasi yang dimiliki atas partai bulan bintang (PBB). Namun kami juga menyesali atas tindakan ketua PBB (HO. Furqon) yang telah membuat pernyataan dukungan dan usungan ganda. Hal ini membuat kami dalam keadaan terjepit dan kurang menguntungkan jika harus memaksakan diri mendaftar,” ujarnya setengah sendu.

Calon Lain

H. AANG HAMID SUGANDA & H. MOMON ROCHMANA

H. AANG HAMID SUGANDA & H. MOMON ROCHMANA

Sementara pasangan calon H. Aang Hamid Sungganda yang berpasangan dengan H. Momon Rochmana menyerahkan formulir sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka siap melakukan pilkada dengan sempurna yang didukung partai besar dan kecil yaitu PDIP, Golkar, PBB, PAN dan PPP. Begitu pun dengan H. Aan Suharso yang berpasangan dengan Iwan Sonjaya menyerahkan formulir pukul 08.00 wib.

Sehari sebelumnya, pasangan Nana Sujana dengan H. Eman Sulaeman dari jalur independen melakukan hal sama. Sehingga sampai ditutupnya pendaftaran di KPU hanya tercatat tiga pasang calon bupati dan wakil bupati. KPU akan melakukan verifikasi terhadap ketiga pasang calon tersebut selama 14 hari. Setelah itu akan ditetapkan pasang calon yang berhak mengikuti pilkada Kab. Kuningan.

H. AAN SUHARSO & IWAN SONJAYA

H. AAN SUHARSO & IWAN SONJAYA

Pilkada hanya diikuti dua pasang calon

Berdasarkan informasi yang diperoleh. Pasangan dari independen Nana Sujana dan Eman berdasarkan hasil pemeriksaan faktual dukungan. Dari jumlah surat dukungan yang dibuktikan dengan KTP dan pernyataan dukungan setelah diverifikasi yang dianggap syah kurang lebih 1.000 suara dari jumlah seharusnya 33.000 atau 3 persen dari jumlah penduduk Kab. Kuningan.

Namun demikian, KPU memberikan tenggang waktu sekitar 14 hari untuk memerbaiki surat dukungan yang masih dianggap kurang. Jika dalam tenggat waktu itu bisa memerbaiki maka pasangan independen dapat mengikuti pilkada. Namun jika tidak maka pasangan dari independen terpaksa dicoret dari daftar pencalonan karena dianggap kurang memenuhi syarat.

Atas informasi tersebut, kemungkinan besar pilkada Kab. Kuningan hanya akan diikuti dua pasang calon. Artinya akan terjadi adu bagong dalam pilkada. Hal itu menunjukan proses demokrasi kurang berjalan dengan baik. Masyarakat akan dengan mudah terkotak-kotak secara jelas. Karena sudah pasti jika tidak mendukung satu pasang calon maka akan mudah dikenali dan hal itu sangat kurang menguntungkan terhadap fhsikologis masyarakat.***

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: