Akhirnya KPU Tetapkan Jadwal Kampanye

1 Mar


Akhirnya Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat menetapkan jadwal kampanye ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jabar pada pilkada April mendatang. Dengan demikian, Panitia Pengawas Pilkada Jabar dapat segera menindak dan mengawasi pelaksanaan kampanye yang dilakukan di luar jadwal.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jabar Setia Permana di Bandung, Selasa. “Hari Rabu (27/2), SK akan ditandatangani dan berlaku efektif. SK akan langsung diberikan kepada Panwas sehingga mereka langsung dapat menindak cagub-cawagub yang berkampanye di luar jadwal,” kata Ketua Kelompok Kerja Kampanye Pilgub Jabar 2008 Memet A Hakim.

Dihubungi terpisah, anggota Panwas Pilkada Jabar, Moch Syatta, mengatakan, penetapan ini berakibat masuknya ketiga pasangan cagub-cawagub sebagai subyek pengawasan. “Menurut Pasal 117 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, cagub yang berkampanye di luar jadwal dapat dikategorikan melakukan tindak pidana yang diancam 15 hari kurungan atau denda,” ujar Syatta.

Selain tindak pidana, Panwas juga berwenang menyelesaikan sengketa dan meneruskan pelanggaran administratif kepada KPU Jabar. Ia menuturkan, begitu surat penetapan diterima, pihaknya akan mengoordinasikan penertiban spanduk di tempat umum bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja.

Menurut Syatta, silaturahim atau kunjungan dan pemberian bantuan kepada masyarakat dapat dilakukan ketiga cagub-cawagub selama unsur kampanye tidak terpenuhi, yaitu membeberkan visi dan misi serta bersifat mengajak mencoblos.

                                                        Sosialisasi

Ketua Kelompok Kerja Sosialisasi Pilgub Jabar 2008 Ferry Kurnia Rizkiyansyah menambahkan, setelah penetapan jadwal kampanye, sosialisasi ketiga pasangan cagub-cawagub sepenuhnya dilakukan KPU Jabar. “Sosialisasi berupa publikasi media dan komunikasi massa, baik dengan tatap muka maupun perluasan jaringan,” ujar Ferry.

Ferry juga menyampaikan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) akan dilakukan Jumat (29/2) pukul 13.30 melalui rapat pleno terbuka dengan Panwas, kepolisian, dan tim sukses ketiga pasangan cagub-cawagub. Alasannya, hingga kini masih tersisa tiga daerah, yaitu Kabupaten Subang, Kota Bandung, dan Kota Bekasi, yang belum menyerahkan DPT.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: